Sabtu, 19 Oktober 2013

Islam dan Dakwah Islam


Islam sebuah sistem yang sejak dulu tidak akan berubah, karena Islam sistem yang sesuai dengan fitrah manusia. Dilihat dari namanya saja islam sudah menggambarkan sistem yang keteraturan, yakni sebuah sistem yang sempurna. Hal ini tentu wajar karena yang membuat sistem itu sendiri Sang Maha Kuasa, yang tahu segalanya. 

Dalam artian kebahasaan Islam dapat diartikan tunduk dan patuh pada sistem. Misalnya, air mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah adalah Islam. Matahari terbit dari sebelah timur dan tenggelam di barat adalah Islam. Banyak lagi contoh-contoh yang lainnya. Adapun Islam dilihat dalam artian istilah adalah tunduk dan patuh kepada Allah yang telah menciptakan segala sistem yang ada di alam ini. Salah satu bagian dari sistem hidup adalah menyembah Allah dengan sistem yang telah Allah atur, yaitu shalat 5 waktu, dan banyak lagi ibadah lainnya. Aturan tersebut sungguhpun terlihat perintah Allah pada dasarnya untuk keberlangsungan hidup manusia.

 Seperti yang telah penulis angkat di atas, Islam dan Dakwah Islam. Islam sudah kita fahami seperti uraian penulis di atas. Islam tidak akan bisa dipisahkan dengan dakwah Islam, karena dakwah merupakan metode untuk menyampaikan Islam, karena bersifat metode maka dapat berlainan antara satu tempat dengan tempat yang lain. Penyesuian metode dalam menyampaikan Islam di sebut modern dalam Islam. Dengan demikian modern dalam Islam hanya berlaku di tataran metode (dakwah) bukan di tataran sesensi.

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud