Senin, 14 Oktober 2013

EPISTEMOLOGI


Epistemologi bagian dari filsafat yang lebih mengakaji cara mendaptkan ilmu atau penegtahuan. Epistemologi lebih banyak digunakan pada filsafat modern. Pada tataran karya-karya Ilmiah yang ditayakan cara mendaptan bukan hasil. Misalnya bagai mana seorang guru dapat mempengaruhi peserta didik. Padahal sepintas lalu semua orang dapat berkata bahwa seorang guru dapat mempengaruhi peserta didik. Hal itu tidak ditanyakan pada dunia modern atau dunia akademik, yang ditanyakan adalah bagaimana hasilnya. Di sini tugas seorang peneliti membangun argumen tentang pengarh seorang guru terhadap peserta didik. 

Demikian juga seorang yang meneliti komentar mufasir. Misalnya, seorang mufasir berkomentar tentang boleh cerai yang dikatakan tiga kali sekaligus talaknya jatuh tiga. Nah, bagaimana seorang mufasir membangun sebuah argumen untuk menyatakan bahwa talak secara sekaligus tiga jatuh tiga. Begitu seterusnya. 

Di sisi lain, dengan mengetahu bagaimana cara mendapatakan sesuatu maka, kita dapat menangkap, apakah yang difahami oleh seseorang bersifat ilmu apa pengetahuan. Mengetahu ilmu dan pengetahuan dapat dilihat dari argumen yang dibangunnya. 

Dari Uraian di atas semoga mempermudah pembaca untuk memahami epitemologi yang merupakan bagian dari filsafat.

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud