Selasa, 22 Januari 2013

TAFSIR SURAT AL-RUM 41-42تفسير سورة الروم



تفسير سورة الروم
TAFSIR SURAT AL-RUM 41-42
ظَهَرَ اْلفسَادُ فىِ البَرِ وَالبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى النَّاسِ
41. telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi,
Dalam memahami ayat di atas terutama pada kata al-Bar (البر) dan al-Bahr (البحر) ulama berbeda pandangan. Mufasir pada umumnya menafsirkan, bahwa kerusakan al-Bar (البر) adalah daratan yang kita pahami, yakni bumi ini, dan al-Bahr (البحر) adalah lautan. Dengan demikian penafsiran kedua kata tersebut adalah, kerusakan di daratan dan di lautan. Kerusakan di dartan maksudnya hancurnya ekologi (lingkungan manusia), sistem kehidupan; dari mulai pencemaran lingkungan, kebanjiran, kekeringan dan lain sebagainnya. Adapun kerusakan di lautan, yaitu kerusakan laut, yang berbentuk pencemaran, rusaknya ekosistem laut. 
Penafsiran di atas tentu berbeda dengan penafsiran sufi. Seperti yang dipahami orang kebanyakan, sufi menyoroti urusan akhlak, karenanya dalam menafsirkan ayat selalu dikaitan dengan akhlak, tidak terkecuali ayat di atas. Sufi dalam menafsirkan ayat di atas sedikit berbeda pandangan dengan mufasir pada umumnya. Sebagai contoh al-Bar (البر) dan al-Bahr (البحر) ditafsirkan berbeda dengan mufasir pada umunya. Jika mufasir pada umumnya dalam menafsirkan  kata Bar (البر) dan al-Bahr (البحر) seprti yang tersebut di atas. Hal ini berbeda dengan sufi. Kata Bar (البر) ditafsirkan oleh sufi dengan badan, dan al-Bahr (البحر) ditafsirkan hati. Dengan demikian penafsiran kalimat
   
ظَهَرَ اْلفسَادُ فىِ البَرِ وَالبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى النَّاسِ

Dapat ditafsirkan; kerusakan badan dan hati adalah ulah perbuatan manusia. Al-Imam al-Ghazali seorang sufi terkemuka yang hidup di zaman abasiyah, dan banyak menulis karya sufi, dalam salah satu karyanya, yakni “Rahasia Hati” berkomentar bahwa setiap perkataan manuasia direkam sama hati yang pada gilirannya akan diwujudkan dalam tindakana.
      Dalam psikotrafi Islam rasa malas, sedih, cemas, hidup di bawah tekanan, lemah, pelit, dan terlilit hutang adalah akibat dari dosa yang dilakukan oleh manusia. Perhatikan ilustrasi di bawah ini. Penulis kutif dari mata kuliah Agama dan Psikotrapi oleh Prof. Dr. Abdul Mujib.  


 




     Demikian juga penyakit, atau kerusakan tubuh manusia, disebebkan oleh perbuatan manusia. Diabet misalnya, atau darah tinggi akibat dari sikap yang tidak mau bersyukur. Salah satu wujud syukur adalah menggunakan seluruh karunia Allah di jalan yang Allah ridoi. Menggunakan perasaan tidak untuk menanamkan rasa benci, karena kebencian akan melahirkan kerusakan pada anggota tubuh.
      Prof. Dr. Kuraish Shihab mengatakan, bahwa penyakit fisik yang disebabkan psikis disebut psikosomatik.

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud