Selasa, 29 Januari 2013

QADHA DAN QADHAR



QADHA DAN QADAR

Qadha merupakan ketetapam Allah yang tidak dapat dirubah. Seperti sifat guladari sejak adanya bersifat manis, dan sampai sekrang manis, selamanyapun akan tetap manis, karena manis merupakan ciri (alamat) bagi benda yang bernama gula. Demikian dengan kopisejak kelahirnya bersifat pahit dan selamanya akan bersifat fahit, sehingga fahit merupakan menjadi karakter kopi. Jika ada kopi rasanya manis orang akan ter-heran-heran, dan bertanya, ada apa dengan kopi.
Dua contoh di atas merupakan bagian terkecil dari banyak contoh. Ringkasnya semua benda memiliki ciri atau tanda. Dengan tanda atau karakter benda tersebut, dapat dengan mudah orang mengenal dan dapat meng-kasifikasi, atau memetakan. Banyak sekali sebetulnya contoh untuk masalah qadha, tetapi untuk dengan mudah orang memahami penulis cukup memberikan dua contoh, yang nantinya dapat dengan mudah orang dalammemamahi qadar yang akan penulis uraikan di bawah ini.
Setelah dapat dipahamidengan mudah kata qadha, kini saatnya penulis menguraikan qadhar. Dalam keseharian kata qadhar sering disebut taqdir. Taqdir sesuatu yang dapat dirubah, hanya saja cara merubah taqdir harus merubah penyebabtaqdir, karena taqdir merupakan akibat dari peraduan dua sistem. Sebagai contoh; gula rasanya manis dan kopi rasanya manis. Jika orang mau menggabungkan kopi dan gula, dan berharap rasanya manis, tentu dalam menggabungkannya harus memperbanyak gula, karena sudah menjadi hukum alam, jika kopi dan gula digabungkan deperbanyak gula maka akibatnya manis. Sebaliknya jika kopi yang diperbanyak, akan berakibat pahit. Itulah yang disebut taqdir.
Jika ada orang mengadukkan kopi dan gula berharap manis, karena dia tidak tahu rumusnya, dia perbanyak kopi dalam campurannya, walhasil rasanya pahit. Nah pahit merupakan taqdir sungguhpun tidak diharapkan.
Dengan demikian untuk merubah taqdir, kita dianjurkan untuk selalu menuntut ilmu.
    
 

10 komentar:

Unknown mengatakan...

ternyata taqdir itu bisa ditentukan dari sekarang ya pak
ya... ibarat kata kopi dan gula

nama :fahmi nurul syabaan
kelas :VII(tujuh)
sekolah:smpi nida el-adabi

Afifah mengatakan...

menurut saya , takdir itu bisa dirubah asalkan kita mau berusaha dan bekerja keras untuk merubah takdir itu, kita bisa merubah takdir yang buruk menjadi baik.

afifah mulia rachmah
kelas 7 SMPI nida el-adabi

Education mengatakan...

Jadi,Qadha adalah Ketetapan yang tidak bisa di ubah .Seperti kelahiran Dan Kematian Kita.Sedangkan Qodar Yaitu Ketetapan Allah yang bisa di ubah dengan berusaha dan berdo'a kepada allah ,contohnya Apabila kita ingin mendapat Nilai yang bagus kita harus belajar dengan tekun

Nasya
VII

Unknown mengatakan...

Jadi,Qadha adalah Ketentuan yang tidak bisa di ubah .Seperti rasa pada kopi maupun rasa pada gula.Sedangkan Qodar Yaitu Ketentuan Allah yang bisa di ubah dengan berusaha dan selalu minta kepada allah ,contohnya orang miskin bisa menjadi kaya apabila ia selalu berusaha untuk bekerja.

Ramitha
VII

Unknown mengatakan...

MENURUT SAYA TAQDIR ITU TERGANTUNG DARI YG ATAS MEMBERI KITA TAQDIR YG BAIK MUAUPUN YG JELEK DAN TERGANTUNG ALAM BAIK KITA SENDIRI

NAMA: M.AL-FARISI
KLS:TUJUH

Rio Hardani mengatakan...

bahwasannya takdir ituu ,, bisaa diubah darii sekarangg ,, asalkan kitaa mauu merubah ,, sifat , perbuatan , dan kemauan ...

nama : Rio hardani
kelas : VII (tujuh)

Unknown mengatakan...

taqdir tergantung maha kuasa karna manusia makluk yg lemah

Rio Hardani mengatakan...

menurut saya , takdir tidak bisa diubah seperti kopi dan gula yg mempunyai ciri khas nya sendiri

nama:okky fahriansyah
kls:VII

Anonim mengatakan...

takdir tergantung pada allah yang maha kuasa karna manusia hanyalah ciptaanya

Anonim mengatakan...

Jadi,Qadha adalah Ketetapan yang tidak bisa di ubah .Seperti kelahiran Dan Kematian Kita.Sedangkan Qodar Yaitu Ketetapan Allah yang bisa di ubah dengan berusaha dan berdo'a kepada allah.ibarat kopi pahit yg banyak dicampur gula yg manis

nama : dimas adiettya irawan

kls : VII (tujuh

sekolah : smpi nida el-adabi
a
parung panjang

Ceramah Maulud