Selasa, 08 Januari 2013

SHALAT DUHA



SHALAT DUHA
Shalat duha adalah shalat yang dilaksanakan di waktu dhuha, dan waktu dhuha terjadi dimulai sejak ketinggian matahari sudah mencapai sekitar satu tombak dari asal terbitnya, sampai batas waktu kailulah (istirahat). Yakni sekitar satu jam sebelum dhuhur berlangsung.
Shalat dhuha dilakukan setiap hari (sunah) sekurang-kurangnya dua rakaat. Adapun batas maksimalnya, antara ulama bersilang pendapat. Ulama fiqih misalnya memahami jumlah maksimal shalat dhuha adalah 8 rakaat, sementara ulama hadis memahami 12 rakaat (Iqna, syarah Fath al-Qarib).
Hukum shalat dhuha adalah sunah muakad, yakni sangat dianjurkan. Dengan shalat dhuha selain mendapatkan pahala diakhirat, juga pahala di dunia berupa dimudahkan urusan rizki.
Bagi orang yang mau terhindar dari penyakit miskin lebih-lebih faqir, sebaiknya jangan ketinggalan shalat dhuha. Bukankah setiap orang tidak mau hidupnya memasuki wilayah kemiskinan, atau kefakiran, karena hal tersebut dapat mendorong seseorang terbawa hanyut pada kedua penyakit tersebut.  
Ohya sobat,...pada tulisan ini sengaja penulis tidak menuliskan tata cara shalat dhuha, karena hal itu sudah banyak di tulis oleh orang lain. Pada penulisan blog ini penulis lebih suka pada tataran pemikiran (teoritis). Hal-hal yang sifatnya praktis penulis berkeyakinan sudah banyak menulis pada web, blog dan sejenisnya.

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud