Sabtu, 23 November 2013

Hikmah

Seorang anak dapat amat dari orang tuanya, bahwa sawah yang ada di samping rumah jangan dijual, karena di dalmnya terdapat emas, intan, bahkan mobil. Anak pun nurut akan pesan orang tuanya, sehingga tidak jadi menjual sawah yang tinggal sepetak itu.

Pada suatu ketika dia ingin membuktikan omongan orang tuanya tersebut. Maka dia segera membawa cangkul dan menggali tanah tersebut, dengan penuh harapan mendapatkan emas dan yang lainnya. Namun selama penggalian dia tidak menemukan tanda2 di dalam sawah itu ada emas atau yang lainnya yang telah disebutkan orang tuanya. Dia setengah putus asa mengakhiri penggaliannya itu.

Singkat cerita dia segera menemui orang tuanya yang berada jauh dari kampung yang dia tinggali. Sesampai di kampung orang tuanya dia langsung mendatangi rumah orang tuanya. Tanpa permisi dia langsung masuk ke dalam rumah, dan mengatakan orang tuanya pembohong.

Orang tuanya yang sedang duduk santai bertanya, ada apa nak. Anak menjawab, kata bapak di sawah itu ada emas dan yang lainnya seperti yang telah bapak katakan. Namun setelah saya gali ternyta tidak ada apa2.

Orang tuanya menjawab. Nak untuk mendapatkan emas dan yang lainnya dari sawah itu bukan digali, melainkan dikelola, lantas hasilnya dibelikan emas dan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud