Kamis, 21 November 2013

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR TAHUN DIKLAT 2013/2014



PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014

Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : III
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
1.    Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan


1.1  Membaca  Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar

§ Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

1.2  Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan  baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

1.3  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§  
§ Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014

Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : III
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
2.   Memahami ayat-ayat  Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa  

2.1 Membaca  Q.S. Al Isra:  26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177

§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar  pengamatan
2 jam

2.2   Menjelaskan arti  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

2.3   Menampil-kan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177

§ Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·   
§ Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·    Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·     

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam



            PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014
Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : III
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
3.   Meningkatkan keimanan  kepada Rasul-rasul Allah

3.1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah

§ Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas.
2 jam

3.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah

§ Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan  keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
§  
§ Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
§  
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam


PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014

Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : III
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
4.     Membiasakan berperilaku terpuji
4.1  Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`

§ Mampu menjelaskan pengertian taubat
§ Mampu menjelaskan pengertian raja’



Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`

§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’



Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan

2 jam

4.3  Membiasa-kan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari

§  
§ Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
§  
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam


PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014

Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : III
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
5.   Memahami hukum Islam  tentang Mu’amalah  


5.1   Menjelaskan  asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam

§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
§ Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

5.2  Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam 
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
·    Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
·     
·     
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

5.3  Menerapkan  transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari

§  
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
§  
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam


PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014

Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : III
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
6.     Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )

6.1  Menjelaskan perkembangan Islam pada  abad pertengahan

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan

§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

6.2  Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan

·      Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad  pertengahan
·     
·     
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam


§  
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014

Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
7.      Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
7.1   Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

7.2   Menjelaskan arti  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·   Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·   Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

7.3Membiasa-kan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§ Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup

§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
8.     Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah

8.1   Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah

§ Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
§ Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.



Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab  Allah

§ Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
§  
§ Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

8.1   Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah


§  Mampu menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
9.     Membiasakan perilaku terpuji

9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.

Mampu menghargai karya orang lain.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

9.2   Menampil-kan contoh  perilaku menghargai karya orang lain

§ Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
§ Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

9.3   Membiasa-kan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain

§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain


Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
10.  Menghindari perilaku tercela

10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar

§ Mampu menjelaskan pengertian dosa..
§ Mampu menjelaskan pengertian dosa besar


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

10.2 Menyebut-kan contoh perbuatan dosa besar

§ Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
§ Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.


§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

§ Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.

Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
11.   Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah

§ Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah



Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

11.2 Mempera-gakan tatacara pengurusan jenazah

§  
§ Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam



PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
12.  Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah
12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
§ Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
§ Mampu menjelaskan pengertian tabligh
§ Mampu menjelaskan pengertian dakwah.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah

§ Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara dakwah

§ Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah.
§ Mampu memperagakan khutbah
§ Mampu memperagakan tabligh.
Mampu memperagakan dakwah
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam




PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : IV
Kelas/Pragram          : XI Ak/AP                                                                                                                                                                                          Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
13.  Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang)
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

13.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern

§ Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.


§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam




PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : V
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
1.   memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi

1.1   Membaca  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar
§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

1.2   Menjelaskan arti  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29

§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu mengartikan per-ayat  Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

1.3   Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29

§ Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi
§  
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : V
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
2.    memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja

2.1   Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10

·      Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
·      Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

2.2   Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10

§ Mampu mengartikan perkata  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu mengartikan per-ayat  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

2.3   Membiasa-kan beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10

·      Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.

·      Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
·        Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : V
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
3.   Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
3.1   Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir

§ Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir

§ Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§ Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
§  
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam




PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : V
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
1.    Membiasakan perilaku terpuji

4.1   Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh

§ Mampu menjelaskan pengertian adil
§ Mampu menjelaskan pengertian rida
§ Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.

§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

4.2.  Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh

§  
§ Menampilkan contoh perilaku adil.
§ Menampilkan contoh perilaku rida.
Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

4.3   Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari

§  
·         

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : V
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
1.    Memahami hukum Islam tentang Hukum Keluarga.

5.1  Menjelaskan  ketentuan hukum  perkawinan dalam Islam

§ Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
§ Menjelaskan hukum Islam tentang talak
§ Menjelaskan hukum Islam tentang  ruju’.
§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

5.2  Menjelaskan hikmah perkawinan

§ Menjelaskan hikmah nikah
§ Menjelaskan hikmah talak
§ Menjelaskan hikmah ruju’.

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

5.3   Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
§ Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.
·         

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : V
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
1.    Memahami perkembangan Islam di Indonesia

6.1   Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia

§ Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§ Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

6.2  Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia

§ Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di  Indonesia

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

6.3  Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

§ Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.

·         

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam


PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : VI

Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    

Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
7.  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK  

7.1   Membaca  Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164

§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.

§ Mampu membaca  Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 dengan baik dan benar.
§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

7.2   Menjelaskan arti  Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
§ Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

7.3   Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164

§ Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
§  
§ Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang pengembangan IPTEK
·         

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : VI
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar.

8.1   Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar

§ Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
§ Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
§ Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.

§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

§ Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.



§ Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.

§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam








PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : VI
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan

§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.

§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

9.2   Menampil-kan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan

§  
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku  kerukunan
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

9.3   Membiasa-kan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari



§ Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan.



Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam


PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : VI
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
10. Menghindari perilaku tercela

10.1 Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

§ Mampu menjelaskan pengertian isyrof
§ Mampu menjelaskan pengertian tabzir
§ Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
§ Mampu menjelaskan pengertian fitnah
§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

10.2 Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

§ Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
·  Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
·  Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
·  Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah
§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari

§  
§ Mampu menghindari perilaku isyraf.
§ Mampu menghindari perilaku tabzir
§ Mampu menghindari perilaku ghibah
§ Mampu menghindari prilaku fitnah
Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR



TAHUN DIKLAT 2013/2014



Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : VI
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
11.  Memahami hukum Islam tentang Waris

11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris

§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
§ Mampu menjelaskan tentang ahli waris
§ Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.

§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris

§ Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
§  
§ Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam








PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014


Mata Diklat                : Pendidikan Agama Islam                                                                                                                                                            Semester : VI
Kelas/Pragram          : XIl Ak/AP                                                                                                                                                                                         Hari/Jam  :    
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
KOGNITIF
AFEKTIF
PSIKOMOTORIK
12. Memahami perkembangan Islam di dunia.

12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
§ Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.

§  

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

12.2 Menampil-kan contoh perkembangan Islam di dunia

§ Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
§ Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia

§  
§  
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam

12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia

§ Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.



Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud