PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : III
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
1. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
|
1.1 Membaca
Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
|
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan
Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
|
§ Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
dengan baik dan benar
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan
Q.S. Al-Fatir: 32
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al
Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al
Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam
kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam
kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§
|
§ Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam
kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan
seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam Semester
: III
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
2. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
|
2.1 Membaca Q.S. Al Isra: 26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177
|
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan
Al Baqarah : 177
|
§ Mampu membaca
Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al
Baqarah : 177
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah
: 177
§ Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
2.3 Menampil-kan perilaku menyantuni kaum
du’afa seperti terkandung dalam Q.S.
Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa
seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·
|
§ Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum
dhu’afa seperti yang terkandung dalam
Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
· Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra
: 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
·
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : III
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
3. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul-rasul Allah
|
3.1 Menjelaskan tanda-tanda
beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul
Allah.
§ Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah.
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas.
|
2 jam
|
|
3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada
Rasul-rasul Allah.
§ Mampu
mengidentifikasi contoh-contoh beriman
kepada Rasul-rasul Allah.
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk
instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
|
§
|
§ Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman
kepada rasul-rasul Allah
§ Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : III
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
4. Membiasakan berperilaku
terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
|
§ Mampu
menjelaskan pengertian taubat
§ Mampu menjelaskan pengertian raja’
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk
instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat
dan raja`
|
§ Mampu
menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
§ Mampu
menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan
|
2 jam
|
|
4.3 Membiasa-kan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
|
§
|
§ Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam
kehidupan sehari-hari.
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : III
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
5. Memahami hukum Islam
tentang Mu’amalah
|
5.1 Menjelaskan
asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
§ Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual
beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam
Islam
|
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam
Islam.
· Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
|
·
|
·
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
5.3 Menerapkan
transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
§
|
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual
beli
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan
pinjam
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa
menyewa
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : III
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (
1250 – 1800 )
|
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam
pada abad pertengahan
|
§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan
dan peradaban pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan
Islam pada abad pertengahan
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
6.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
· Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa
perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa
perkembangan Islam pada abad
pertengahan
|
·
|
·
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
|
§
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
7. Memahami ayat-ayat Al Qur’an
tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
7.1 Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42,
Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
|
§ Mampu
membaca Al-Qur’an surat
Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat
Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58,
dan Q.S. Ash Shad: 27
|
§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat
Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·
Mampu mengartikan
per-ayat Al-Qur’an surat
Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·
Mampu
menterjemahkan Al-Qur’an surat
Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
7.3Membiasa-kan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58,
dan Q.S. Ash Shad: 27
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian
lingkuingan hidup
|
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam Semester
: IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
8.1 Menampil-kan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
§ Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
§ Menunjukkan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah.
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
§ Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab
Allah
§
|
§ Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab
Allah
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
8.1 Menampil-kan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
|
§ Mampu menampil-kan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang
lain
|
§ Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai
karya orang lain.
|
Mampu menghargai karya orang lain.
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
9.2 Menampil-kan contoh perilaku menghargai karya orang lain
|
§ Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya
orang lain.
|
§ Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang
menghargai karya orang lain.
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
9.3 Membiasa-kan perilaku
menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
|
§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
|
§ Mampu
menjelaskan pengertian dosa..
§ Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
10.2 Menyebut-kan contoh perbuatan dosa besar
|
§ Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
§ Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk
dosa besar.
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa
besar.
|
Mampu menghindarkan diri dari
perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
11. Memahami
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
11.1
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
|
§ Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
11.2
Mempera-gakan tatacara pengurusan jenazah
|
§
|
§ Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
§ Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
Mampu memperagakan tata cara
menguburkan jenazah
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
12. Memahami
khutbah, tabligh, dan dakwah
|
12.1
Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
|
§ Mampu
menjelaskan pengertian khutbah.
§ Mampu menjelaskan pengertian tabligh
§ Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
12.2
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah
|
§ Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
§ Mampu menjelaskan tatacara dakwah
|
§ Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah.
§ Mampu memperagakan khutbah
§ Mampu memperagakan tabligh.
Mampu memperagakan dakwah
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : IV
Kelas/Pragram : XI Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800 –
sekarang)
|
13.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
|
§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu
pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan
Islam pada masa modern.
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
13.2
Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern
|
§ Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa
perkembangan Islam pada masa modern.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa
perkembangan Islam pada masa modern.
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : V
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
1.
memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
|
1.1 Membaca
Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
|
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar
|
§ Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan
Q.S. Al-Kahfi: 29
|
§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun,
Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu mengartikan per-ayat Al
Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
1.3 Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti
terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku
bertoleransi
§
|
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
Mampu menunjukkan perilaku yang
menunjukkan bertoleransi.
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT
2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : V
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
2.
memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja
|
2.1 Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S.
Al-Jumuah: 9-10
|
· Mampu
mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
|
· Mampu
membaca Al-Qur’an surat
Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan
Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
§ Mampu
mengartikan perkata Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11
dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu
mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11
dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu
menterjemahkan Al-Qur’an surat
Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
2.3 Membiasa-kan beretos kerja seperti
terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
· Mampu
mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al
Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
|
· Mampu
mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an
surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
·
Mampu menunjukkan
perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah:
9-10
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : V
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Hari Akhir
|
§ Mampu
menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Mampu
menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Memperbanyak
beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari
Akhir
|
§ Menjelaskan
hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§ Mendeskripsikan
hikmah beriman kepada hari akhir
§
|
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : V
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
1. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal
saleh
|
§
Mampu menjelaskan
pengertian adil
§
Mampu menjelaskan
pengertian rida
§
Mampu menjelaskan
pengertian amal saleh.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
4.2. Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan
amal saleh
|
§
|
§
Menampilkan contoh
perilaku adil.
§
Menampilkan contoh
perilaku rida.
Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
4.3 Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan amal
saleh dalam kehidupan sehari-hari
|
§
|
·
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : V
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
1. Memahami hukum
Islam tentang Hukum Keluarga.
|
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
|
§
Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang nikah
§
Menjelaskan hukum
Islam tentang talak
§
Menjelaskan hukum
Islam tentang ruju’.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan
|
§ Menjelaskan
hikmah nikah
§ Menjelaskan
hikmah talak
§ Menjelaskan
hikmah ruju’.
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
5.3 Menjelaskan ketentuan
perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
§ Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.
|
·
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : V
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
1. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam
di Indonesia
|
§
Mampu menjelaskan
masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§
Mampu menguraikan
manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
§
Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan
Islam di Indonesia
§
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perkembangan Islam di
Indonesia
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
|
§ Mampu
mengidentifikasi hikmah perkembangan
Islam di Indonesia.
§ Mampu
menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
|
·
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : VI
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang pengembangan IPTEK
|
7.1 Membaca Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164
|
§ Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
|
§ Mampu
membaca Q.S. Yunus: 101 dan
Al-Baqarah: 164 dengan baik dan benar.
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Yunus: 101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164
|
§
Mampu mengartikan
per-kata Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164
§
Mampu mengartikan
per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
§ Mampu
menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164
|
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
7.3 Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164
|
§
Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan
IPTEK
§
|
§ Menerapkan
Al-Qur’an surat
Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang pengembangan IPTEK
·
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : VI
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar.
|
8.1 Menjelaskan tanda-tanda
keimanan kepada qadha’ dan qadar
|
§
Menjelaskan
pengertian qadha dan qadar.
§
Menjelaskan
pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
§
Mampu menjelaskan
tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
8.2 Menerapkan hikmah beriman
kepada qadha’ dan qadar
|
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
|
§ Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam
kehidupan sehari-hari.
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : VI
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1 Menjelaskan pengertian dan
maksud persatuan dan kerukunan
|
§
Mampu menjelaskan
pengertian dan maksud persatuan.
§ Mampu
menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
9.2 Menampil-kan contoh
perilaku persatuan dan kerukunan
|
§
|
§
Mampu menunjukkan
contoh perilaku persatuan.
§ Mampu
menunjukkan contoh perilaku kerukunan
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
9.3 Membiasa-kan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari |
|
§ Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan
sehari-hari.
§ Menunjukkan
perilaku rukun dalam pergaulan.
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN
DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : VI
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1 Menjelaskan pengertian
isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
|
§
Mampu menjelaskan
pengertian isyrof
§
Mampu menjelaskan
pengertian tabzir
§
Mampu menjelaskan
pengertian ghibah.
§
Mampu menjelaskan
pengertian fitnah
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
10.2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan
fitnah
|
§
Mampu menjelaskan
contoh perilaku isyrof
· Mampu
menjelaskan contoh perilaku tabzir
· Mampu
menjelaskan contoh perilaku ghibah
· Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
§
|
§
Mampu menghindari
perilaku isyraf.
§
Mampu menghindari
perilaku tabzir
§
Mampu menghindari
perilaku ghibah
§
Mampu menghindari
prilaku fitnah
Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT 2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : VI
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
11. Memahami hukum Islam tentang
Waris
|
11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
hukum waris
|
§
Mampu menjelaskan
ketentuan hukum waris
§
Mampu menjelaskan
tentang ahli waris
§ Mampu
menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
|
§
Menyebutkan contoh
pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
§
|
§ Memperagakan
cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETNSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN DIKLAT
2013/2014
Mata
Diklat : Pendidikan Agama Islam
Semester : VI
Kelas/Pragram : XIl Ak/AP Hari/Jam :
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
||
KOGNITIF
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTORIK
|
||||
12. Memahami perkembangan Islam di dunia.
|
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
|
§
Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
§ Mampu
mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
|
§
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
|
12.2 Menampil-kan
contoh perkembangan Islam di dunia
|
§ Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
§ Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
|
§
|
§
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
|
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
|
§
Mampu mengidentifikasi hikmah
perkembangan Islam di dunia.
§ Mampu
menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
|
|
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar