Rabu, 18 September 2013

Pertikaian

Dalam memahami al-Qur'an dan hadis melahirkan 3 disiplin ilmu, yakni Tauhid (Theologi), Fiqih (ibadah) dan Tasawuf (Akhlak). Tiga disiplin ilmu ini difahami oleh ulama wajib dipelajari, karena dalam implementasinya merupakan satu kesatuan dalam hidup.
Tauhid adalah ilmu tentang ke-Tuhana, yang di dalamnya menjelaskan tentang Tuhan, Nabi, Malaikat. Dengan demikian ilmu ini memberikan informasi Apa itu Tuhan, di mana Tuhan, berapa Tuhan, sedang apa Tuhan, Apa kewajiban Tuhan, apa Bukti ada Tuhan, dan setersunya.
Ilmu ini juga menjelaskan tentang malaikat. Apa itu malaikat, Apa Tugas malaikat, terbuat dari apa itu malaikat, dan setersunya. Demikian juga Nabi Apa itu Nabi, apa Tugas Nabi, berapa Nabi ayang ada? dan setersunya.
Fiqih, dalam artian kebahasaan fiqih adalah pemahaman. Sementara menurut istilah, fiqih merupakan satu disiplin ilmu yang mengatur manusia berhubungan dengan Tuhan, dengan manusia, dan dengan alam sekitar.

Taswuf, secara bahasa artinya bersih, yakni bersih hati dari yang lainnya. tasawuf lebih konsentrasi pada bagai mana manusia berakhlak kepada Allah, berakhlak kepada manusia, dan berakhlak kepada seluruh makhluk Allah.

Kontroversi Ulama
Fiqih, dalam dunia fiqih yang selalu bertikai antara satu dengan yang lain, dan sampai sekarang masih berlangsung adalah Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Ahmad.

Tauhid. Tauhid Melahirkan beberapa aliran yang satu dengan yang lain bertikai dan samapai saat ini ,masih berlangsung.
1. Khawariz, 2. Mu'tazilah, 3. Murziah, 4, Jabariyah, 5. Qadariyah, dan 6. Ahlu sunah berjamaah.

Tasawuf, antara ibnu taimiyah dengan Imam Ghazali.
(sebagai gambaran besar tentang perbedaan dalam islam yang dilahirkan atas pemahaman terhadap teks al-Qur'an dan hadis).

Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud