Jumat, 14 September 2012

Rasa Pada Manusia

Rasa yang ada pada diri manusia terbagi pada tiga bagian: pertama rasa tentram, kedua rasa senang, ketiga rasa puas. Manusia bisa tentram jika kebutuhan jiwa terpenuhi, dan yang termasuk kebutuhan jiwa adalah agama. Manusia akan menjadi senang kalau kebutuhan materi terpenuhi, dan manusia akan menjadi puas jika hidup berarti. 
 
jika diklasifikasi dari pembagian rasa tersebut di atas. Di antara rasa manusia yang abadi adalah rasa tentram.  Adapun rasa senang, rasa puas waktunya relatif. Seperti yang penulis uraikan di atas, bahwa rasa senang berkaitan dengan kebutuhan materi. jika seseorang berharap banyak uang, karena menurutnya uang dapat menambah kebahagian baginya. Namun tatkala seseoranag sudah mendapatkan uang akan lahir perasaan ga tenang. Pasalnya, karena manusia mulai curiga terhadap sekitarnya. Misalnya jika dia naik kereta akan takut kepada copet, jangan2 mereka tahu bahwa dirinya bawa uang. Begitu juga ketika dimalam hari di samping rumah ada suara gaduh, perasaanya akan gundah, dan selalu bertanya-tanya, jangan2 dia adalah maling, yang sudah tahu bahwa dia punya uang banyak.

Rasa puas akan didapat tatkala manusia mendapatkan sesuatu yang diaharapkan, atau hidup di masayarkat berarti. Namun dalam kenyataanya tidak semua yang diharapkan harus jadi kenyataan, karena jika terjadi manusia akan merasa jenuh. Ketika rasa jenuh melanda dirinya maka manusia akan mera jenuh, dan pada gilirannya tidak akan menyenangkan. sekelumit,...iseng....




Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud