Minggu, 23 Desember 2012

PUBLIC PEAKING



PUBLIC SPEAKING

Bagi pemula berbicara di depan umum bukan hal yang mudah, karena kerap kali rasa tidak percaya diri menghatuninya. Badan gemetar, bicara pun kaku, pikiran kosong, bahkan semua yang telah direncanakannya mendadak hilang begitu saja, laksana komputer yang terkena virus yang sangat mematikan yang dapat menghentikan program yang ada di dalmnya. Jangtung bergemuruh, bagaikan gempa yang sangat dahsyat.
Kalimat sering diulang-ulang seakan tidak yakin dengan kalimat yang diungkapkannya. Jangan risau karena hal yang wajar bagi setiap pemula, pasti  akan mengalami hal-hal seperti itu. Yang terpenting bangaimana mengatasinya agar penyakit itu (dem panggung) segera menjauh dari kita. Nah di sinilah penulis akan berbagi pengalaman, dengan harapan dapat membantu para pemula atau orang yang sering demam panggung.

Inilah cara berbicara di hadapan orang banyak agar tidak grogi atau gemetaran.

1.       Ketika akan memulai berbicara jangan menatap mata penghadir, tetapi tataplah satu jengkal di atas kepala, atau lihat saja penghadir yang paling ujung.
2.       Pakus pada materi yang akan dibicaran, jangan terlalu banyak basa basi, karena hal itu dapat menghilangkan hal-hal yang akan dibicarakan.
3.       Usahakan jangan berdiri tegak, yakni dua kaki jangan diluruskan, melaikan kendorkan salah satu, dan lakukan lah dengan bergantian. Jika kedua kaki berdiri dengan tegak dapat menegangkan urat, sehingga pengiriman oksigen ke-otak terhambat, yang pada akhirnya ingatan hilang.

Ok,...itulah sekelumit tip dari saya, semoga bermanfaat,...selamat mempraktekan. Ehhh jangan lupa berlatihlah di depan cermin ketika akan berbicara di depan umum.




Tidak ada komentar:

Ceramah Maulud